يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ﴾ [الحشر:18

Selasa, 02 Februari 2010

Prof. DR. ‘Abdurrazzaq al-Badr

Alhamdulillah, Prof. DR. ‘Abdurrazzaq al-Badr, salah seorang guru besar Aqidah dan dosen Pasca Sarjana Jurusan Aqidah Universitas Islam Madinah, insya Alloh akan mengunjungi tanah air dan beliau berkesempatan untuk berkunjung ke Surabaya pada tanggal 14-15 Januari 2010. STAI Ali bin Abi Thalib insya Alloh yang akan menjadi penyelenggara dan pemandu beliau selama di Surabaya.

Berikut ini adalah agenda kegiatan Syaikh selama di Surabaya :

Kamis, 14 Januari 2010 (09.00-19.00) : Sillaturrahim dan pelatihan sehari dasar-dasar agama Islam di komplek Asrama Haji Sukolilo. Acara ini ditujukan khusus bagi du’at dan muballigh se-Jawa Timur yang mampu berbahasa Arab.

Jum’at, 15 Januari 2010 (08.00-09.30) : Kunjungan ke kompleK STAI Ali bin Abi Thalib dan nasehat bagi santri dan penuntut ilmu.

Jum’at, 15 Januari 2010 (11.30-selesai) : Khutbah Jum’at di Masjid Al-Akbar Surabaya dan Tanya jawab selepas shoat jumat.

Untuk jadwal beliau selama di Jakarta, bisa diakses di sini.

BIOGRAFI RINGKAS PROF DR ABDURRAZZAQ AL-BADR

Beliau adalah Syaikh yang mulia, Prof. DR. ‘Abdur-Razzâq bin ‘Abdil Muhsin bin Hamad bin ‘Utsmân al-‘Abbâd Alu Badr, putera dari seorang Ulama Senior, ahli hadits Madinah zaman ini, al-‘Allâmah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbâd al-Badr –semoga Allah memelihara beliau dan memberkahi amal dan lisan beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa Jalla. Alu Badr merupakan keturunan Alu Jalas dari Kabilah ‘Utrah salah satu kabilah al-‘Adnaniyah. Kakek tingkatan ketiga beliau adalah ‘Abdullah yang memiliki laqob (gelar) ‘Abbad, yang pada akhirnya keturunan beliau dikenal dengan intisâb (penyandaran) kepada laqob (julukan)ini. Nenek beliau adalah putri dari Sulaiman bin ‘Abdullah Alu Badr.

Beliau lahir di Zulfa (300 km dari utara Riyadh) pada hari Rabu, 22 Dzulqo’dah 1382 yang bertepatan dengan 17 April 1963. Beliau tumbuh dan dewasa di desa ini dan belajar baca tulis di sekolah yang diasuh oleh ayah beliau sendiri. Beliau mengambil pendidikan hingga sampai kepada tingkatan doktoral dalam bidang Aqidah. Beliau adalah salah seorang professor dan guru besar serta staff pengajar Pasca Sarjana di Islamic University of Madinah jurusan Aqidah sampai hari ini.

Beliau menimba ilmu dari beberapa ulama dan masyaikh, yang terdepan diantara mereka kepada :

  1. 1.Ayah beliau, al-Allâmah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbâd hafizhahullâhu
  2. 2.Fadhîlatusy Syaikh ‘Alî Nâshir Faqîhî hafizhahullâhu
  3. 3.Fadhîlatusy Syaikh ‘Abdullâh al-Ghunaimân hafizhahullâhu.

Dan selain mereka, semoga Allôh menjaga mereka dan membalas mereka semua dengan kebaikan yang berlimpah.

Syaikh ‘Abdur-Razzâq al-‘Abbâd memiliki karya tulis yang cukup banyak, diantaranya adalah :

  1. 1.Fiqhu ad-Da’iyah wal Adzkâr
  2. Al-Haj wa Tahdzîbun Nufus
  3. 3.Tadzkirotul Mu`tasî Syarh ‘Aqîdah al-Hâfizh ‘Abdil Ghonî al-Maqdisî
  4. 4.Syarh Hâsiyah Abî Dâwud
  5. 5.Al-Atsar al-Masyhûr ‘anil Imâm Mâlik fî Shifatil Istiwâ’
  6. 6.Al-Qoulus Sadîd fîr Raddi ‘ala Man Ankara Taqsîmat Tauhîd
  7. 7.At-Tuhfatus Sanîyah Syarh Manzhûmah Ibnu Abî Dâwud al-H^a’iyah
  8. 8.Dan lain-lain.

Beliau juga memiliki rekaman ceramah baik audio dan video yang tersebar. Syaikh sangat aktif memberikan ceramah baik di dalam negeri (Kerajaan Arab Saudi) maupun di luar negeri, seperti Afrika, Asia dan Eropa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar