يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ﴾ [الحشر:18

Kamis, 01 Januari 2009

Renungan kematian

Renungan kematian

Oleh: Ustadz Abu Unais Ali Subana



1.Mati suatu yang pasti datangnya.

Ikhwan dan akhwat sekalian yang berbahagia simaklah dengan sungguh-sungguh ayat-ayat dibawah ini,semoga Allah merahmati kita sekalian .

Firman Allah ta`ala :



كل نفس ذآئقة الموت وإنما توفون أجوركم يوم القيامة فمن زحزح عن النار وأدخل الجنة فقد فاز



وما الحيوة الدنيا إلا متاع الغرور (آل عمران :185)



185. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (ali-imran :185)

Firman Allah Ta`ala :

كل من عليها فان ويبقي وجه ربك ذو الجلال والاكرام (الرحمن : 26-27)

26. Semua yang ada di bumi itu akan binasa.27. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.(arrahman :26-27)



Firman Allah Ta`ala:

كل شيئ هالك إلا وجهه له الحكم وإليه ترجعون(القصص :88)

88. . Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nyalah segala penentuan, dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (al-qoshosh :88)



Firman Allah Ta`ala : إنك مية وإنهم ميتون (الزمر :30)



30. Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula). (azzumar:30)



Firman Allah Ta`ala : وما جعلنا لبشر من قبلك الخلد أفإين مت فهم الخالدون كل نفس ذآئقة الموت و نبلوكم بالشر والخير فتنة وإلينا ترجعون (الأنبيا ء :34-35)

34. Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad); maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? 35. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (Al-anbiya :34-35)



2.Anjuran untuk banyak mengingat kematian.

Berikut ini saya kemukakan beberapa hadits dan atsar shahabat yang menjadi perintah untuk kita agar selalu mengingat kematian,renungkanlah jika anda termasuk orang-orang yang berfikir.

Dari abu hurairoh RA,ia berkata: telah bersabda rosululloh SAW:”Perbanyaklah mengingat penghancur segala kelezatan , ya`ni Al-maut” (HR:Tirmidzi (2307),Ibnu majah (4258),Ibnu hibban (2992),Alqudho`i (669) dan lain-lain).

Derajat hadits ini adalah shohih,imam hakim berkata :shohih menurut syarat muslim,dan hal ini disetujui Az-zahabi.Syekh Al-albani berkomentar bahwa hadits ini hasan di kitab Al-Irwa.



Dari abu hurairoh RA,ia berkata: Rosululloh selalu berkata :”Perbanyaklah mengingat penghancur segala kelezatan” (HR.Ibnu hibban /2995).

Derajat hadits inipun shohih.



Al-Imam thabrani di jami`ul awshat, Abu nu`aim di Al-hilyah dan Al-Hakim di mustadroknya meriwayatkan dari ali RA,ia berkata :telah bersabda Rosululloh SAW : “Jibril mendatangiku dan berkata : Ya Muhammad hiduplah sesukamu karena engkau akan mati,cintailah siapa yang kamu mau karena engkau akan meninggalkannya, beramallah sesukamu karena engkau akan dibalas dan ketahuilah bahwa kemulyaan seorang mu`min pada qiyamul-lail dan Izzahnya pada kemandiriannya “

Hadits ini dapat dilihat di silsilah shohihah No.831 oleh Al-albani.



Berkata ali bin abi thalib RA : “dunia ini berjalan membelakangimu dan akherat itu berjalan mendekatimu dan bagi keduanya mempunyai hanba-hamba.maka jadilah kalian hamba-hamba akherat dan jangan kalian jadi hamba-hamba dunia ,sesungguhnya hari ini kita beramal tanpa ada perhitungan dan besok kita akan dihitung dan tidak bisa beramal”.

Lihat misykatul-mashobih No.5215.(Shohih)

Berkata abu darda RA :ada 3 hal yang membuat aku geli memikirkannya ,dan 3 hal pula yang membuat aku menangis.3 hal pertama yaitu1.pencari dunia sedang maut selalu mencarinya,2.orang yang lalai sedangkan maut selalu mengintainya 3.dan orang yang tertawa terbahak-bahak sedang dia tidaktahu apakah Allah ridho atau murka padanya, dan

3 hal kedua yaitu 1.perpisahanku denga rosul dan para shahabatnya,2.kengerian ketika datatang sakarotul-maut dan 3.ketika wukuf di hadapan Allah ( padang mahsyar),hari yang disingkap segala yang nampak dan rahasia,lalu seseorang tidak tahu ke jannah atau ke neraka (At-tazkiroh Hal.87 )

Marilah kita perhatikan diri kita ini, kita adalah orang yang banyak lalai untuk memikirkan kematian yang mungkin sudah ada didepan kita semoga Allah merahmati kita dan menjadikan kita orang-orang yang selalu ingat dengan kematian,kematian dan kematian.



3.Faidah mengingat kematian.



Perhatikanlah bab berikut ini semoga Allah meridhoi kita semua……………….



Insya Allah akan saya sambung lagi ………



Maraji`

1.Al-qur`an dan tafsir ubnu katsir.

2.At-tadzkiroh (imam qurtubi)

3.Kiyamat Sughro(Dr.Sulaiman Asqar)

4.dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar